Jelajahi Keingin Tauanmu

Sleep Paralysis (Rep-repan)

Pernah terbangun dari tidur, tapi sulit bergerak ataupun berteriak? Atau saat kamu membuka mata. Tubuhmu tidak bisa bergerak, nafasmu sesak, seakan-akan ada makhluk tidak terlihat yang menginjak dadamu. Kamu membuka mulutmu dan hendak berteriak, tidak ada suara yang keluar. Seseorang sedang mencekik leherku, pikirmu. Ada sesuatu yang tidak beres.

Kejadian ini pernah saya alami belum lama ini kira-kira 2 bulan yang lalu , Saat hendak bangun dari tidur atau baru saja terlelap, saya merasa seperti ditindih sesuatu. Ini membuat saya sulit bangun ataupun berteriak minta tolong . apalagi ditambah dengan halusinasi yang menyeramkan berupa seseorang yang berdiri di sebelah saya mengenakan pakaian putih . saya sempat berfikir apakah dia kuntilanak atau sejenisnya, apapun itu saat saya berusaha untuk menggerakan kepala saya kearah wajahnya, tetapi tidak berhasil .Pernah saya bercerita tentang hal ini pada teman dan orangtua saya. Mereka mengatakan saya mengalami tindihan atau Rep-repan. Lah... !!! Sorry ADMINnya malah curhat hehehehe....


Sleep Paralysis (Lumpuh Tidur) atau The Old Hag Syndrome Dan di indonesia sendiri penyakit ini dikenal dengan Rep-repan. Rep-repan adalah istilah terhadap kondisi dimana anda tiba-tiba terbangun dari tidur namun sulit bergerak atau berteriak minta tolong. Tubuh anda seakan-akan ditindih oleh makhluk yang tidak kasat mata, sehingga membuat nafas anda sesak.

Banyak yang percaya ada campur tangan makhluk halus dalam kejadian itu. Bahwa yang menindih adalah makhluk halus besar yang beniat mengganggu seseorang yang tengah terlelap tidur. Mitos ini terus dipercaya secara turun-temurun oleh masyarakat Indonesia.

Selain merasa dicengkram kuat dan ditindih oleh satu kekuatan besar, biasanya seseorang yang terena rep-repan mengalami halusinasi. Seperti melihat penampakan sosok makhluk halus di sekitarnya. Sehingga wajar jika orang-orang dahulu kerap menghubung-hubungkan rep-repan dengan hal berbau mistis.

Namun sebenarnya yang dimaksud dengan rep-repan Menurut ilmu medis adalah kondisi gejala fisik belaka dan tidak terkait makhluk alam lain. Rep-repan dalam bahasa ilmiah bisa disebut juga Sleep Paralysis atau tidur lumpuh. Dinamakan  tidur lumpuh karena memang saat itu terjadi, tubuh serasa lumpuh dan sulit digerakan .

Menurut peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, Al Cheyne, rep-repan adalah kondisi yang disebabkan kurang tidur atau terlalu lelah sehingga mengganggu gelombang otak saat sedang tidur. Rep-repan juga kerap menerpa seseorang yang pola tidurnya tidak teratur.

Seperti diketahui, berdasarkan gelombang otak, tidur terbagi dalam empat tahapan. Yaitu tahap pertama adalah kondisi seseorang masih setengah sadar, tahap kedua adalah tidur yang lebih dalam, tahap ketiga adalah tidur paling dalam dan tahap keempat adalah tidur terdalam. Tahap tidur keempat biasa disebut REM (Rapid Eye Movement). Di tahap REM inilah biasanya rep-repan terjadi.

Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak kerap tidak mengikuti alur tahapan tidur yang semestinya. Dari keadaan sadar saat hendak tidur ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke tahap REM. Ketika otak tiba-tiba terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, maka terjadilah apa yang dinamakan rep-repan. Yaitu seseorang merasa sadar, tapi sulit menggerakkan tubuhnya.

Untuk Penjelasan logisnya ada di artikel ke 2 saya : 
http://sudahtaukahkamu.blogspot.com/2012/03/penjelasan-logis-tentang-sleep.html

Newer Post Older Post

3 Responses to “Sleep Paralysis (Rep-repan)”

Komentarlah Sebelum Anda Meninggalkan Artikel Ini

Powered by Blogger.
free search engine submission