Jelajahi Keingin Tauanmu

Alasan Kenapa Indonesia Tidak Bisa Tegas Terhadap Malaysia


Ada analisis menarik dari pengamat militer Universitas Indonesia, Andy Wijayanto, mengenai kemungkinan terjadinya perang terbuka antara Indonesia dan Malaysia di daerah konflik perairan Blok Ambalat. Bila Jakarta mengumumkan perang terbuka dengan negara tetangga kita itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono harus memperhitungkan aliansi negara yang akan mendukung negeri jiran tersebut dalam konfrontasi.


Andy mengungkapkan, Malaysia memiliki sistem aliansi pertahanan dengan Inggris, Australia, Singapura, serta Selandia Baru. Aliansi itu disebut sebagai Five Power Defense Agreement (FPDA). Salah satu kesepakatan negara-negara FPDA adalah klausul bahwa serangan terhadap salah satu negara anggota merupakan serangan pula terhadap negara anggota lainnya.

"Malaysia tinggal meminta klausul itu diaktifkan. Bila disepakati, berarti negara kita harus siap berperang juga dengan Inggris, Australia, Singapura, serta Selandia Baru yang mempunyai kekuatan tempur jauh lebih kuat dan canggih," jelasnya setelah diskusi tentang RUU Pertahanan dan Keamanan.

Dari situs resmi British High Commission, Kuala Lumpur, diketahui bahwa FPDA berdiri pada 1971 sebagai lembaga konsultasi dan antisipasi serangan terhadap Singapura serta Malaysia. Saat peringatan 30 tahun FPDA pada November 2001, kelima negara anggotanya sepakat membentuk suatu kerja sama jangka panjang. Salah satunya, perjanjian saling dukung bila ada negara anggotanya yang diserang negara lain. Tahun ini, FPDA memfokuskan tinjauannya pada maritime security. Dengan fokus tersebut, kemungkinan empat negara lainnya untuk mendukung Malaysia dalam konfrontasi dengan Indonesia menjadi lebih besar.

Tidak itu saja. Bila dalam konfrontasi nanti negara kita berhadapan dengan Inggris, negara tersebut sangat mungkin meminta artikel lima NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) diaktifkan. Artikel lima NATO serupa dengan klausul perjanjian FPDA yang intinya menyatakan, serangan yang dialami salah satu negara anggota dianggap sebagai serangan terhadap negara-negara anggota lainnya dan harus dihadapi bersama. Sehingga, konfrontasi dengan Malaysia bisa melebar serta membuat Indonesia harus berhadapan dengan negara-negara anggota NATO.

"Jadi, efeknya akan beruntun. Itulah yang harus diperhitungkan masak-masak oleh Presiden SBY sebelum mendeklarasikan konfrontasi dengan Malaysia. Rakyat pun harus memahami hal ini supaya tidak gelap mata mendesak perang dengan Malaysia," tegas Andy.

selain itu sy mengambil perbandingan antara angkatan Militer Malaysia dan Indonesia

~MALAYSIA~
Militer Negeri Jiran itu bernama Tentara Diraja Malaysia. Pada awal pembentukannya, peralatan militer buatan Inggris banyak dipakai negara ini. Kini mereka menggunakan peralatan dari sejumlah negara, termasuk pesawat buatan Indonesia.

1. Kapal Perang
- Satu kapal penyelam dilengkapi meriam 20 mm
- Dua kapal cepat pengangkut pasukan
- Empat kapal patroli buatan Prancis ber-rudal Exocet MM38 dan meriam Bofors
- 24 kapal perang yang berpangkalan di empat tempat: Lumut, Sandakan Sabah, Kuantan, dan Labuan. KD Kerambit yang berada di sekitar Ambalat merupakan salah satu kapan yang berpangkalan di Sandakan, Sabah.
- Dua kapal patroli buatan Korea Selatan yang dilengkapi meriam 100 mm Creusot Loire, 30 mm Emerlac, dan senjata penangkis antikapal selam. Kapal ini berpangkalan di Kuantan/
- Empat kapal buatan Swedia dilengkapi rudal MM38 Exocet, 57 mm Bofors, dan 40 mm Bofors berpangkalan.
- Empat kapal Frigate, dua di antaranya dibeli bekas dari Angkatan Laut Kerajaan Inggris.
- Enam kapal Corvette buatan Jerman - Empat kapal patroli penangkis ranjau buatan Italia
- Dua kapal Multi Purpose Command and Support Ship buatan Jerman dan Korea Selatan
- Satu kapal Sealift
- Dua kapal Hydro

2. Pesawat Tempur
- F-5 E - Hawk MK108 berpangkalan di Alor Setar, Kuantan, dan Labuan
- Hawk MK-208 berpangkalan di Alor Setar, Kuantan, dan Labuan
- Delapan F/A-18D berpangkalan di Alor Setar
- Mig-29 berpangkalan di Kuantan
- SU-30 berpangkalan di Kuantan
- F-28 berpangkalan di Kuala Lumpur
- Falcon berpangkalan di Kuala Lumpur - Beech 200T berpangkalan di Kuala Lumpur
- C-130H berpangkalan di Kuala Lumpur
- CN-235 berpangkalan di Kuala Lumpur
- S61A-4 berpangkalan di Kuala Lumpur, Kuching, dan Labuan
- AS61N-1 berpangkalan di Kuala Lumpur
- S70A-34 berpangkalan di Kuala Lumpur Personel
3. Jumlah prajurit semua angkatan: 196.042 (2002)
- Anggaran militer per tahun: US1,69 triliun (2,03 persen GDP)

~INDONESIA~
Embargo pembelian peralatan militer dari Amerika membuat rontok sejumlah peralatan militer Indonesia. Pesawat tempur terbaru, Sukhoi SU-27 SK dan SU-30 MK buatan Rusia, pun masih ompong tak punya senjata. Adapun dari 12 pesawat tempur "andalan", F-16, dua di antaranya sudah jatuh dan hanya delapan siap terbang.

1. Pesawat dan Heli
- Delapan Hawk MK 109 berpangkalan di Pekanbaru, Pontianak
- 32 Hawk MK 209 berpangkalan di Pekanbaru, Pontianak
- Enam CN235 berpangkalan di Halim
- Delapan F27-400M berpangkalan di Halim
- SF260MS/WS berpangkalan di Halim
- B707-3MIC
- Tujuh pesawat F27-400M
- F28-1000/3000
- L100-30
- C-130H-30 berpangkalan di Halim
- NAS332L1
- L100-30
- EC-120B
- 12 unit Heli Bell 47G-3B-1 berpangkalan di Kalijati
- Lima F-16A berpangkalan di Madiun
- Lima F-16B berpangkalan di Madiun
- F-5E berpangkalan di Madiun
- F-5F berpangkalan di Madiun
- Hawk Mk53 berpangkalan di Madiun
- dua Su-27SK berpangkalan di Makassar
- dua Su-30MK berpangkalan di Makassar
- NC212M-100/200 berpangkalan di Malang
- Ce 401A berpangkalan di Malang
- Ce 402A berpangkalan di Malang
- 10 Pesawat Bronco OV-10F di Malang Kapal Perang
- 114 armada berbagai jenis (sepertiganya untuk operasi rutin, sepertiga untuk latihan, dan sisanya untuk pemeliharaan) Personel

2. Jumlah prajurit (semua angkatan): 250 ribu orang
Anggaran militer per tahun: US$ 1 triliun (1,3 persen GDP)
inilah beberapa alasan yang mendasari bangsa ini tidak bisa bersifat tegas apa lagi menyatakan perang terhadap Malaysia..apakah dengan hanya sebuah alasan itu kita membiarkan KEDAULATAN kita dipermainkan oleh Malaysia..?pertanyaan besar buat kita SAMPAI KAPAN..??

Newer Post Older Post

63 Responses to “Alasan Kenapa Indonesia Tidak Bisa Tegas Terhadap Malaysia”

  1. waduh" coba waktu jamannya soeharto kita tetap beraliansi baik dengan rusia, apalagi mereka mempercayakan pembelian salah satu kapal perang terbesar pada jaman SOEKARNO .

    Semenjak soeharto dia hanya mementingkan politik bukannya diperbaharui armada perang TNI kek !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pada waktu soekarno

      soekarno menegaskan siapa orang aisng yang memasuki wilayah indonesia langsung di tembak mati. . . .

      Delete
  2. Berhadapan dgn bnyak Negara sudah pernah kita alami, tentara sekutu pernah kita lawan,,, Opini2 semacam ini hanya membuat bangsa ini jadi pengecut. Pdhl sejarah terbentuknya negara penuh pengorbanan dan semangat. Bandingkan dgn malaysia yg jadi penjilat... Demi harga diri, mati pun harusnya siap.. ! Silahkan aliansi mereka mau menjajah kita kalo bisa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAAT NYA INDONESIA CONDONG KE BLOK TIMUR

      Delete
    2. Iya betul itu , PASTI ada yang bantu Indonesia kalo terjadi perang , misalnya RUSIA , CINA dan Korea Utara

      Delete
  3. Tenang saja gan, Yang mbantu Indonesia banyak sekali, antaralain: Venezuella, Cuba, Rusia, China, dan mungkin Brazilia. Alasannya negara-negara tersebut mengambil kesempatan untuk melawan negara-negara adidaya tersebut karena selama ini mereka hanya terlibat perang dingin. Selain itu kaunsul mengenai Sumber Daya Alam Indonesia cukup nenarik minat mereka untuk membantu kita. Santai aja bro!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. What you say china would help
      hello at malaysia very many chinese
      so tak akan lh nk see bangsa dorang dibunuh dengan kejam oleh indognesial

      Delete
  4. negara yang melawan penjajah adalah negara malaysia, jagan hanya pa dai cakap kalau tak tahu sejarah malaysia. malaysia bukan negara penjilat macam indonesia. harap maklum

    ReplyDelete
  5. Perang bukan penyelesaian terbaik.
    Perang hanya bawa penderitaan kepada rakyat.
    Keamanan adalah hak semua.knp mahu dirampas dgn peperangan.

    ReplyDelete
  6. Klo Indonesia sampai perang ama Malaysia dan keempat negara itu, kemungkinan besar Malaysia bakal minta bantuan AS. Klo sampai begitu, Indonesia hrs dpt bantuan dr Rusia ama Cina.

    ReplyDelete
  7. Mudah2an ja indonesia cpet prang dgn malaysia,orang indonesia harus berani jgn kaya BENCIS,gw mo tau kekuatan 2 negara nih

    ReplyDelete
  8. bambu runcing ja bs menang,palagi sekarang,...lo malon dan sekutux cemen.ingat jiwa patriot rakyat indonesia.takkan mundur sebelum mati, ayo cepat ganyang malon.MERDEKAAAAAA..!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  9. bambu runcing ja bs menang,palagi sekarang,...lo malon dan sekutux cemen.ingat jiwa patriot rakyat indonesia.takkan mundur sebelum mati, ayo cepat ganyang malon.MERDEKAAAAAA..!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  10. bambu runcing ja bs menang,palagi sekarang,...lo malon dan sekutux cemen.ingat jiwa patriot rakyat indonesia.takkan mundur sebelum mati, ayo cepat ganyang malon.MERDEKAAAAAA..!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  11. Masalah hutang triliunan,kemiskinan,macet,infrastuktur,bbm dan rancah politik yg ga nentu, emang kita yakin sih mmpu punya uang gede buat mobilisasi militer.???..walau gw benci ama malon tapi gua juga harus akur,mereka lebih organisasi,malah dimata dunia mereka lebih ternama dr kita..punya petronas,kita pertamina gimana sihhh??punya hasil bumi yg kaya kok bisa kalah??,esemka tuh...jauh ketiglan ama poton nya...gima ayukk...akur saja,mending kita muhasabah diri buat banga kita yang besar nih...

    ReplyDelete
  12. Gayang malaysia!!!....

    ReplyDelete
  13. itu pengamat adalah anjng malingsial yg sangat pengecut,,,cuma bsa ngomong tpi g tau apa2!!!klu kita perang ma malingsial g mgkin inggris bantu malingsial,,invest mereka lbih banyak di indonesia dri pda di malingsial,amerika jls2 msh ingin menggarap freeport,cina sedang bersengketa dgn malingsial,australia lbih2 dia kapok pas kjadian timor timur dulu.dasar pengamat anjing!!!

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segelintir comment dari Indonesia dilihat hanya mengikut hati dan nafsu semata-mata tanpa fakta yang menyokongnya. Kita harus memberi pandangan berdasarkan fakta dan akal yang waras agar bangsa kita dihormati dan dianggap berilmu dan beretika dalam dalam memberi pandangan.Baca dulu sejarah Malaysia sebelum menghukum.Cuba alihkan pandangan daripada tentera Malaysia vs Indonesia kepada Tentera Malaysia + Indonesia pasti kuasa besar seperti AS,China dan Russia akan tergugat.Wassalam.peace

      Delete
  15. assallammuallaikum swt ..... dengan rahma tuhan yang maha esa ..... kita sebagai warga indonesia , tidak bisa gtu aja ... di ejek di hina oleh malaysia .. samapi kapan pak .... indonesia slalu bersabar bersabar dan terus bersabar dan sterus nya .... apakah indonesia tdk pnya kerja sama dengan negara lain ....jlaskan pak biar masarakat indonesia paham dan tidak kesel terhadap presiden nya .....

    ReplyDelete
  16. kalo memang bener bisa menyakut dengan negara lain , apalgi nato... buat apa indonesia jdi negra PBB....

    ReplyDelete
  17. Bikin rudal antar pulou lah..

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

  19. berikut disampaikan peta kekuatan militer antara Indonesia dan Malaysia berdasarkan analisis Global Fire Power :
    INDONESIA MALAYSIA
    Total Population 245,613,043 - 28,728,607
    Military Manpower Available 129,075,188 - 14,817,517
    Fit for Military Service 107,538,660 - 12,422,580
    Reaching Military Age Yearly 4,455,159 - 519,280
    Active Military Personnel 438,410 - 124,000
    Active Military Reserves 400,000 - 640,199
    Total Aircraft 510 - 258
    Total Land-Based Weapons 1,577 - 2,465
    Total Naval Units 136 - 65
    Towed Artillery 59 - 54
    Merchant Marine Strength 1,244 - 321
    Major Ports and Terminals 9 5
    Aircraft Carriers 0 0
    Destroyers 0 0
    Frigates 6 4
    Submarines 2 2
    Patrol Coastal Craft 31 37
    Mine Warfare Craft 12 4
    Amphibious Operations Craft 8 1
    Defense Budget $4,740,000,000 $3,500,000,000
    Foreign Reserves $96,210,000,000 $106,500,000,000
    Purchasing Power $1,030,000,000,000 $414,400,000,000
    Oil Production 1,023,000 bbl 693,700 bbl
    Oil Consumption 1,115,000 bbl 536,000 bbl
    Proven Oil Reserves 4,050,000,000 bbl 2,900,000,000 bbl
    Total Labor Force 116,500,000 12,200,000
    Roadway Coverage 437,759 km 98,721 km
    Railway Coverage 5,042 km 1,849 km
    Waterway Coverage 21,579 km 7,200 km
    Coastline Coverage 54,716 km 4,675 km
    Major Serviceable Airports 684 118
    Square Land Area 1,904,569 km 329,847 km

    Dari data diatas beberapa catatan bisa kita letakkan pada kondisi terkini, misalnya posisi cadangan devisa RI saat ini sudah mencapai $ 122.000.000.000,- (Akhir Juli 2011), jumlah KRI saat ini berkisar 152 unit. Kapal-kapal yang berstatus KAL, KKP dan Polisi Air tidak diperhitungkan oleh GFP, padahal kapal-kapal jenir ini ikut berperan dalam patroli keamanan laut atau patroli pantai (Patrol Coastal Craft). Kemudian komponen cadangan (Active Military Reserves) jumlahnya bisa melebihi perhitungan GFP jika Satuan Pengamanan, Satuan Polisi Pamong Praja, Pertahanan Sipil masuk dalam perhitungan.

    Analisis GFP yang disajikan merupakan evidence yang cukup obyektif dan terbarukan, mampu menyajikan data terkini yang memberikan gambaran menyeluruh dari kekuatan militer sebuah negara berdasarkan kekuatan sumber daya militer, sistem persenjataan, kekuatan armada angkatan laut, dukungan logistic dan sebaran pangkalan, sumber daya alam untuk survival, dukungan financial dan kondisi geografis. Yang menarik kekuatan pesawat tempur digabung dengan sistem persenjataan lain apakah itu pesawat angkut, helikopter, tank, panser, artileri yang menjadi kekuatan angkatan darat. Sementara kekuatan angkatan laut menjadi faktor terpisah dan memberikan kontribusi real pada kekuatan militer sebuah negara.

    Nah, semakin jelas bahwa kita adalah yang terbaik di kawasan ini dalam ranking kekuatan militer. Oleh sebab itu kita perlu mengeliminir opini-opini psikologis yang mengunder estimate kekuatan TNI, seakan-akan TNI yang paling lemah, seakan-akan TNI tak mampu mengatasi serangan udara Singapura, seakan-akan TNI tak mampu mengawal teritori NKRI. Dalam kondisi minimum essential force yang belum tercapai militer kita ternyata mampu menduduki ranking 18 dunia. Padahal mulai tahun 2012 sd tahun 2014 saja akan berdatangan setidaknya 60 pesawat tempur baru berbagai jenis, 15 pesawat angkut berbagai jenis, 55 Heli tempur berbagai jenis, 30 Kapal Cepat Rudal, 3 Kapal Selam, 2 Fregat, ratusan Tank dan Panser berbagai jenis. Belum lagi proyek rudal surface to surface, surface to air, rudal anti tank dan ribuan roket Rhan produksi dalam negeri.

    Ini artinya peluang untuk meningkatkan ranking militer itu sangat terbuka. Namun lebih dari itu, kita harus selalu percaya diri dengan kemampuan hulubalang pengawal negara kita, dengan semangat tempurnya, dengan kualitas prajuritnya yang selalu mengungguli tentara negara jiran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu lagi, kita sudah bisa membuat kekuatan sendiri, ingat Panser ANOA milik kita sempat di lirik negara2 timur tengah juga masuk 50 besar panser terbaik, senjata SS2 milik kita masuk 50 besar senjata terbaik. dan tidak lupa pindad juga membuat banyak peralatan yg lain juga... Ingat KOPASUS kita kuat, MARINIR kita menkutkan mangkanya dijuluki Hantu Laut, AU kita jago strategi, jangan takut bangsa ini kalah, mslh kalah belakangan, yg pasti harga diri bangsa harga mati...

      Delete
    2. terakhir , indonesia punya kekayaan alam nuklir ... dan sudah diperiksa oleh IAEA agency .. dan rusia berminat jadi investornya..segera akan jadi tambang nuklir dan apakah akan ada senjata nuklir antar pulau dan antar benua ? tunggu waktu saja !

      Delete
    3. Indon pandai buat lawak.
      Hahaha...

      Delete
  20. kita tidak pernah gentar melawan siapapun. bagi kami indonesia harga mati.

    ReplyDelete
  21. malayisia,inggris dan ausi pun takut dengan perang griliya ala jendaral besar sudriman
    yg melegenda coba saja kemunkinan mereka akan menyerang indoensia lewat udara,,kalo laut dan darat bakalan susah...

    ReplyDelete
  22. hihi...org indon kalau omong langit pun boleh runtuh...buluh runcing pun boleh menang..semua perkara memang indon yang hebat,pegang cangkul sudahla bro..teruslah dengan dunia hayalan imaginasi dongengmu....hahaha..lucu sampai aku mau pengsan aku ketawa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. buluh runcing itu zaman dulu ... duni hayal imajinasi dongeng ? kalau ada news begini , indonesia punya kekayaan alam nuklir dan sudah diperiksa oleh IAEA agency dan rusia ingin jadi operatornya ..dan natinya akan ada senjata nuklir antar pulau ... bahkan antar benua.. haha ,you masih pikir ini hayalan ?

      Delete
  23. Ingat Kita Juga Punya Senjata Pamungkas "Bambu RuncinG"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaaa bambu runcing di era sekarang :-P ?????

      Delete
  24. Indonesia ngak ada yang gembantuin kok~
    Jangan mcem mcem dech..omong kosong aja sich..issggg..kita itu harus sabar aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. bro negara yg di batuin itu negara pencundang kalo berani satu lawan satu paling malaysia kaga beranikan. diakan negara belum merdeka 100% . wahai malaysia negara lu belum merdeka kau hanya di bohongin oleh penjabat dan pemerintahan lu wkwkwkwkwkwk . NKRI HARGA MATI . KALO MALAYSIA BUKAN HARGA MATI . MALAYSIA HARGA BANCI PECUNDANG

      Delete
  25. negara indonesia ini seperti kepiting jika mereka diusik maka indonesia akan menjepitnya..:D

    ReplyDelete
  26. ngapain mengharap bantuan (mbantu silahkan nda jg nda apa2)...semangat kita jelas berdikari...merdeka atau mati...drdulupun kita perang kmrdekaan jg nda dibantu langsung kok...alat tempur super canggihpun klo mental tempe nda da baunya...
    malah lbih baik perang sma amerika skalian...menang kita jagoan..kalah jg dunia akan maklum....

    ReplyDelete
  27. Malaysia negara beruk,mana bisa perang!wkwkwkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. I think indonesial x bisa perang sbb orang indonesial bnyk kt malaysia
      mereka boleh jdi tebusan hahahah
      what you say china would help you
      Hello at malaysia
      many chinese you know
      x akan lh dorang nk tngok bangsa dibunuh dengan kejam

      Delete
  28. kenapa harus perang ? semangat juang yang di miliki para jagoan yg mendambakan perang dgn malaysia. seandainya di salurkan ke jihad khususnya pembenterasan korupsi dan pembangunan ekonomi bangsa pasti bisa menghasil indonesia yang hebat dan di segani bukan kerana GAGAH/KASAR tapi indonesia yang sopan dan berilmu.

    ReplyDelete
  29. Malaysia, kalo 1 lawan 1 lawan Indonesia apsti gak berani.

    ReplyDelete
  30. Bersipat manusiawi lbih baik dripda hrus trmakan amarah...!!
    krna itu smua hnya akan mnimbulkan ketidak tentraman di antara stu sma lain.......

    ReplyDelete
  31. Mayoritas komentar dr indonesia hny mengedepankan EMOSI,,,, CAPECK DECH

    ReplyDelete
  32. kalau mau ngalahkan malaysia gampang kok....tinggal tunggu angin...kita bakar satu pulau yang paling dekat malaysia selama beberapa bulan...dijamin malaysia bangkrut...lalu keok...keok...kenapa repot...emang orang malaysia bisa bernafas dari asap api kebakaran hutan????

    ReplyDelete
  33. russia?? china??? korea utara?? mau bantu indonesia jika perang?? ngimpinya terlalu jauh,,,, urusi rakyat dulu lah,,,

    ReplyDelete
  34. Ah pengecut berani ada kawan cuba satu lwn satu bisa habis lho d bantai malingsia.malingsia bisa banjir sama kencing warga x sendiri

    ReplyDelete
  35. Kalo menurut aq pasti menang malaysia, org malaysia pinter2 soalnya, paling ointer se asia. Camkan itu, kekuatan tempur malaysia boleh kalah berdasarkan teori dan peralatan, tp dg dukungan negara sahabat, malaysia tdk terkalahkan. Bambu runcing cm jadi tusuk gigi gue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hei akun nama js g, pernyataan mu itu sangat menandakan kalau negara mu, memang negara persemakmuran. terimakasihhhhhhhhhhhh.

      Delete
    2. dengan dukungan negara bersahabat ? malaysia tidak terkalahkan ? lucu ! berarti you tau bahwa fight secara head to head , malay akan kalah... woii... ingat peristiwa perang indonesia vs malaysia tahun 1960 an , yg perang dengan indonesia bukan malaysia ! tapi orang british , australi , gurkha , nepal...kemana malay ?
      sembunyi ketakutan ! itu sejarah/history yg ga bisa bohong ! so , you masih pikir mau perang ?

      Delete
    3. Melawan indon malaysia tak perlu turun tangan... buat malu jerr... kalau malaysia menang negara lain akan mengejek malaysia kerna membully negara miskin bodoh... kalau kalahpon di ejek juga kerna kalah terhadap negara miskin bodoh. Tak gitu..?
      Hahaha....

      Delete
  36. Hubungan Malaysia dengan china lebih kukuh dari china dan Indonesia.adakah Indonesia memiliki perjanjian dengan china dari segi pertahanan negara????kalau setakat omong- omongan baik tak payah.ingat sampai sekarang china ingat jasa Malaysia kerana negara pertama mengiktiraf china atau tiongkok dalam bahasa indon.kalo indon kacau Malaysia bukan sahaja berhadapan fpda,nato, amerika bahkan kemungkinan terpaksa berhadapan tiongkok.kalau indon minta bantuan Russia,adakah Russia mahu mengusik tiongkok yg merupakan negeri jiran paling baik dengan tiongkok??Russia dengan tiongkok atau china dlm bahasa Malaysia seperti adik beradik.lupakan ganyang Malaysia.

    ReplyDelete
  37. Dah lah mike tak usang bising,kawan nak tidor ni wai

    ReplyDelete
  38. Kenapa orang indonedia asyik cerita pasal perang dengan malaysia ya, cuba kalau cerita pasal bagaimana mahu memajukan diri, keluarga, rakyatnya dan sudah tentu negaranya, barulah ada kekuatan yang jitu, dan disegani

    ReplyDelete
  39. Indon miskin. Udah kalah sama malaysia lagi mahu bising. Udah diam aja anjing indon. Mau perang lagi ? Tentu aja indonesial akan kalah lagi

    ReplyDelete
  40. Indon miskin. Udah kalah sama malaysia lagi mahu bising. Udah diam aja anjing indon. Mau perang lagi ? Tentu aja indonesial akan kalah lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. you very stupid irham amir , ingat peristiwa ganyang malaysia tahun 1960 an , indonesia vs malaysia .... indonesia menang ! ternyata yang perang lawan indonesia pada saat itu bukan malaysia , tapi orang australia , england , gurkha , nepal ...
      kemana malay ? sembunyi ketakutan ! pengecut ! looser... kesaksian dari tentara2 indonesia .
      udah diam aja anjing malay !

      Delete
    2. Malaysia boss besar.... kerja2 menghalau indon sudah cukup dengan acu telunjuk je. Hahaha....
      Bos susun strategi fan anak buah yg melaksanakan perintah bos. Tak gitu..?
      Hahaha....

      Delete
  41. Tdk heran kalau cerita tentang ganyang malaysia ole puak2 indon berlambak dlm inyernet.sbb dorang ni spisis keyboard warrior aja.sbb berfikirnya hanya pakai lutut.cuba search ganyang indonesia? Sudah pasti kosong.sbb org malaysia tdk berbicara klau cuma hanya omong kosong dan tiada manafaat.sbb itulah malaysia lrbih maju dari segi ekonomi dan sbagainya.cuba lihat indonesia,hanya dihujani dgn omong kosong dlm internet.hanya pikir perang..perang..perang...perang..perang...cubalah pikir bagaimana mau bangunkan negara,ekonomi dn sbagainya.sda pasti indon akan maju juga.saya amat kasihan melihat buruh2 indon yg banting tulang kerja di malaysia.sebabnya kenapa? Sebab kebanyakan dr mereka yg saya tanya,susah membiayai kehidupan di indon.apalagi pekerjaan.kerja berat gaji sikit.dimalaysia kerja berat tp gaji lumayan.lihat aja tanah2 kosong yg tdk terbangunkan di indon.lihat aja berapa ramai takyat2 indon yg berhijrah kerja dimalaysia.itu belum lg ditambah yg masuk tanpa izin.cuba lihat buruh kasar di indon? Kosong..lihat pendatang tanpa izin di indon? Hampir2 aja tiada.yg ada cuma dth utk bercuti,belajar cari ilmu dan belajar apa yg bermanfaat utk diri dan negara.cuba pikir guna otak dn bukannya pakai lutut.kalau indon berfikir seperti ini terus.sy jamin indon xkan maju dn disegani sampai bila2 pun.peace yo kehkehkeh

    ReplyDelete
  42. wahai semuanya.. tiap negara punya kelemahan begitu juga malaysia , jika perang , malaysia akan kalah.. karena apa ?
    hutan di wilayah indonesia akan dibakar , asap karbon akan bertiup secara alami ke wilayah malaysia dan singapore.. bagaimana bisa koordinasi dan mobilisasi tentara ?
    indonesia penemu gerilya dan kontra gerilya dan negara2 NATO akui hal itu ... dan terakhir jika indonesia diserang negara2 commonwealth maupun anggota NATO , rusia akan bantu indonesia secara full, begitu juga negara iran ..


    ReplyDelete
  43. Kalau ikutkan malaysia, malaysia taknak lah berperang-perang dengan indonisial tu! Sebab apa? Sebab malaysia cuma mahukan keamanan bukan berbalahan! Tapi indon tetap saja bodoh! Tetap saja dengan Ganyang Malaysia dia tu! Buat apa kita nak berperang? Baik kita menjalani hubungan yang lebih baik daripada buat benda yang tak baik ni! Dan kepada orang indon, perkataan indon bukanlah sebuah perkataan hina, tetapi maksud indon tu adalah singkatan daripada perkataan indonesia, so jangan salah sangka dengan malaysia okay! Dan kalau korang taknak malaysian hina korang, sila berhenti menghina dan benci malaysia.

    Ini kata-kata motivasi untuk indon:

    "Boleh jadi benda yang kita benci itu adalah benda yang terbaik buat kita, dan boleh jadi juga benda yang kita sayang itu adalah benda yang terburuk buat kita." Allah maha mengetahui.

    ReplyDelete
    Replies
    1. woi.. arti kata indon itu tidak sopan.. jangan disingkat ! begitu juga orang pakistan akan marah jika disebut paki.. dari dulu orang indonesia benci disebut indon ,, tapi orang malaysia tidak paham atau tidak mau ! ingat karena malaysia yang berbuat masalah terlebih dahulu , lagu rasa sayange kepunyaan maluku indonesia dibajak malaysia bahkan jadi lagu wisata malaysia truly asia , begitu juga reog, rendang dll.. bagaimana kami tidak marah ? begitu juga kesilapan terbodoh sepanjang masa , kenapa bendera terbalik ? di buku dan juga koran malaysia ? kalau tidak sengaja , kenapa tidak ada pemeriksaan terdahulu dan quality control... bendera terbalik itu putih diatas , merah dibawah artinya milik polandia... bukan indonesia ..tapi malay tetap aja bodoh !

      Delete
  44. Indon2..bodoh tahap cipan..dye x merasa lagi kekuatan komanwell kite..kena jajah dengan Malaysia baru tahu..jaga la adab wahai indon..tambah2 pulau jawa mulu engkau tu..hantar Australia je da dapat tawan..

    ReplyDelete

Komentarlah Sebelum Anda Meninggalkan Artikel Ini

Powered by Blogger.
free search engine submission